Untuk mengubah output audio pada Raspbian di Raspberry pi, biasanya dapat dilakukan pada settingan audio di Desktop.

Lain halnya bila jenis yang dipakai adalah Raspbian Server, dimana yang Kita dapatkan hanya tampilan console tanpa tatap muka Desktop, semuanya harus dilakukan pada command shell.

Sama hal nya dengan yang Saya alami, banyak tutorial untuk mengubah audio output pada Raspbian dengan command shell, tapi kebanyakan menyarankan untuk menjalankan program raspi-config.

Pada raspi-config seharusnya ada pilihan HDMI pada daftar Audio Output, tapi bila yang didapatkan ternyata sama seperti yang Saya alami, daftar hanya berisi output ke Jack/Headphone, maka cara yang harus dilakukan berbeda.

Yang harus dilakukan adalah mengubah konfigurasi pada config.txt untuk menonaktifkan param audio, kemudian set output audio dengan amixer.

Edit file /boot/config.txt dan comment dtparam=audio=on seperti berikut:

# dtparam=audio=on

Lakuka reboot, dan jalankan command shell berikut untuk mengaktifkan audio pada HDMI:

sudo amixer -c 0 cset numid=3 2

Maka, ketika melakukan test audio, suara yang keluar akan melalui HDMI.

Troubleshoot

Bila set amixer tidak dapat dilakukan, atau audio masih tidak keluar lewat HDMI, bisa dicoba dengan mengubah hdmi_drive menjadi hdmi_drive=2 pada /boot/config.txt untuk memaksa menganggap display yang dipasang berupa modes Televisi.

Penutup

Menarik melakukan modifikasi pada Raspberry Pi, banyak eksperimen yang dapat dilakukan Mudah-mudahan tips ini bisa menambah eksperimen yang sedang dilakukan menjadi lebih mudah.