Bila Kalian memiliki domain pribadi, tidak ada salahnya untuk mengintip dan mencoba fasilitas-fasilitas dari cloudflare.

Cloudflare, Inc. adalah perusahaan Amerika Serikat yang menyediakan jasa jaringan pengantaran konten, pencegahan DDoS, keamanan Internet, dan peladen nama domain terdistribusi.

https://id.wikipedia.org/wiki/Cloudflare

Terdapat banyak sekali fitur yang sangat bermanfaat baik itu dalam mengelola DNS, caching dan cdn, proxy, worker👍 sampai Sertifikat SSL gratis untuk website Kalian. Dan hampir semua fitur yang diberikan pada paket gratisan sudah lebih dari cukup untuk keperluan domain pribadi.

Dan bila Kalian sudah memiliki domain pribadi, pastinya juga ingin memiliki alamat email dengan domain tersebut. Permasalahannya untuk domain pribadi yang mungkin hanya memiliki beberapa akun email saja, menambah fasilitas mail-server bukan hal yang efektif dan efisien, apalagi sudah terbiasa menggunakan layanan email seperti gmail yang sudah terintegrasi dengan sangat baik dengan perangkat mobile Kita.

Kenapa menggunakan email dengan alamat domain sendiri?

Memiliki email dengan alamat domain pribadi dapat memberikan identitas unik tersendiri terutama untuk permasalahan per-bisnisan.

  • Setidaknya email ini akan meningkatkan kredibilitas bisnis di mata klien.
  • Bisa juga membantu mempromosikan brand domain Kalian setiap kali Kalian mengirimkan email.
  • Coba pikir saja sendiri, mana alamat yang lebih terlihat bisnis yang serius, apakah [email protected] atau [email protected] ? Tentu saja email dengan domain sendiri terlihat lebih profesional.

Email Forwarding

Sebenarnya terdapat banyak layanan forwarding email gratisan seperti https://forwardemail.net/ atau https://improvmx.com/, tetapi terkadang menggunakan layanan tersebut membuat email Kita delay masuk ke inbox, dan bisa sampai pending lebih dari satu hari.

Nah, kebetulan cloudflare baru-baru ini mengeluarkan fitur email forwarding baru yang dapat dengan mudah diaktifkan. Walaupun statusnya masih beta ketika artikel ini ditulis, tapi kualitas forwarding nya sangat bagus dan reliable. Semenjak Saya merubah email forwarding menggunakan cloudflare ini, tidak pernah lagi ada email yang lama masuk ke inbox lagi.

Langkah-langkah mengaktifkan email forwarding di cloudflare

Pertama-tama tentu saja melakukan pendaftaran di cloudflare, dan syaratnya Kita sudah memiliki domain pribadi, setelah melakukan pendaftaran, pastikan juga daftarkan domain tersebut di cloudflare, baik itu setting nameservers, dns, dan sebagainya. Tapi pada artikel ini, Saya tidak akan membahas terlalu jauh tentang cara pendaftaran dan konfigurasi di cloudflare, tapi yang akan saya jelaskan adalah cara mengaktifkan email forwardingnya.

ps: Mungkin di kesempatan selanjutnya Saya akan menulis artikel tentang registrasi dan setting domain di cloudflare.

Setelah semuanya siap, maka masuk ke pengaturan domain dengan memilih domain yang akan diatur. Kemudian buka menu Email seperti pada gambar berikut:

  1. Klik Create custom address
  2. Masukkan username untuk custom address. misalnya: info
  3. Pilih Action menjadi Send to
  4. Isi Destination address dengan alamat email tujuan, misalnya [email protected]
  5. Kemudian Klik Save
  6. Maka pesan “Pending verification” akan muncul.

Alamat tujuan email yang tadi dimasukkan perlu diverifikasi terlebih dahulu, silahkan buka email dan cari email dari cloudflare dengan subjek “[Cloudflare]: Verify Email Routing address” dan klik tombol “Verify email address” seperti berikut:

Kemudian langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi DNS. Dimana konfigurasi ini dapat dilakukan secara otomatis, dengan cara:

  • Kembali ke menu Email.
  • Masuk ke tab Settings
  • Klik Enable Email Routing

Bila pesan yang didapatkan seperti ini:

Maka, silahkan untuk menghapus terlebih dahulu konfigurasi DNS email sebelumnya. (Sebaiknya Lakukan Backup Terlebih Dahulu)

Setelah melakukan Enable Email Routing maka pesan yang tampil akan menjadi Email DNS records configured.

Nah, sekarang silahkan coba untuk mengirimkan email ke alamat yang tadi sudah didaftarkan, maka email yang dikirimkan tersebut akan masuk ke inbox pada gmail Kalian.

Selanjutnya cara mengirim email dengan alamat domain pribadi sebagai sender di gmail.